komunitas parenting
Mendadak Warta

Gandeng Komunitas Parenting, Ajak Edukasi Baca Nyaring untuk Anak

Mendadak Parenting – Berperan mengedukasi pasangan muda milenial, komunitas parenting jadi mitra kolaborasi Mendadak Parenting. Kali ini giliran Komunitas Read Aloud Semarang dengan agenda webinar bertajuk “Literasi (Sejak) Dini : Urgensi dan Upaya Menumbuhkannya”, yang sukses berlangsung pada Minggu (27/2). Sebanyak 40 peserta yang berasal dari berbagai daerah mengikuti agenda ini. Mulai dari wilayah Semarang, Karanganyar, Jogja hingga Kalimantan Barat.

Bersama Komunitas Parenting Menciptakan Ruang Komunikasi Partisipatif

Co-Founder Mendadak Parenting, Mutia Rahmi Pratiwi,M.I.Kom mengungkapkan kolaborasi dengan komunitas parenting menjadi agenda rutin. Selanjutnya, juga menjadi komitmen untuk mengembangkan inovasi pengetahuan berbasis komunikasi partisipatif.

“Membangun media edukasi berbasis riset menjadi kekuatan utama dari web mendadakparenting.com. Salah satunya, berusaha menciptakan konsep knowledge convergence. Hal ini dapat membuat komunitas parenting ikut berperan aktif. Terutama dalam pengembangan kanal komunitas dengan pendekatan partisipatif yang bertujuan sebagai upaya kolaboratif ”jelas dosen muda Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Dian Nuswantoro ini.

Menurut Mutia hal tersebut sejalan dengan hasil riset Abdullah yang berjudul Pelatihan Kemampuan Berfikir sebagai Keterampilan melalui konsep Knowledge Convergence pada Komunitas. Simpulan hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui pendekatan partisipatif proses pertukaran pesan yang terjadi akan berlangsung sangat komunikatif. Maka komunitas parenting yang memiliki aktivitas memaksimalkan peran orang tua dan anak menjadi cara jitu dan terbaik mendorong tumbuh kembang anak maksimal.

Ketua Komunitas Read Aloud Semarang, Unik, merespons positif dan antusias atas kegiatan yang telah berlangsung. Saya sangat senang atas kegiatan pelatihan terkait literasi informasi orangtua. Selain itu, berterimakasih atas dukungan dengan pelatihan menulis yang diberikan tim mendadakparenting.com. Semoga kerjasama akan terus berlangsung untuk pengembangan komunitas parenting dimanapun,harapnya.

Kolaborasi Asyik Para Penggiat Literasi dan Komunitas Parenting

Read Aloud Semarang sebagai komunitas parenting yang fokus pada membaca nyaring sebagai kegiatan utamanya konsisten untuk membantu orang tua milenial mengenalkan literasi untuk anak.

Perwakilan anggota Komunitas Read Aloud Semarang, Dian W.P mengungkapkan jika mengajak anak membaca nyaring di rumah jadi bagian aktivitas mengenalkan literasi sejak dini untuk anak. “Mari membiasakan anak-anak agar gemar membaca, tentunya diawali dengan langkah kita sebagai orangtua. Komunitas Parenting akan terus aktif dalam upaya edukasi urgensi literasi bagi anak.”tuturnya.

Penggiat Literasi sekaligus praktisi pendidikan, Adiratna Wijanayu mengamini jika literasi menjadi tanggung jawab bersama. “Literasi Anak Bangsa menjadi tanggung jawab bersama. Literasi baik wujudkan bangsa yang unggul” tegasnya.

Selama tiga jam penuh agenda webinar berlangsung interaktif. Tak hanya para penggiat literasi yang aktif tetapi partisipan pun menanggapi dengan positif. Salah satu partisipan, Alfiah Ariswati yang merupakan penggiat literasi sekaligus pemilik rumah baca di Karanganyar mengungkapan kegembiraannya mengikuti agenda webinar. Tim komunitas parenting juga telah menyiapkan kanal Youtube Read Aloud Semarang untuk jadi akses bagi komunitasnya. (Mutia_Ra)

Download Template Lomba Menggambar disini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *